Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

 Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda

Penyebab asam urat tinggi di usia muda sering dicari banyak orang.  Pasalnya, kondisi ini tidak hanya menjangkiti orang dewasa atau lansia, tetapi juga bisa menyerang anak muda.

Asam urat atau gout sendiri merupakan salah satu jenis radang sendi yang sering terjadi akibat penumpukan asam urat atau kristal asam urat.  Kondisi ini bisa terjadi pada area persendian manapun, seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, siku, hingga pergelangan tangan.

Asam urat biasanya larut dalam darah dan diekskresikan dalam urin.  Namun, pada kondisi tertentu, asam urat juga bisa menumpuk karena tubuh memproduksi asam urat dalam jumlah yang tinggi.

Jika kadar asam urat dalam darah berlebihan, hal ini akan menyebabkan terbentuknya kristal pada persendian.  Menurut American Association for Surgery of the Hand, kristal tersebut akan menyebabkan peradangan pada persendian, sehingga penderitanya akan mengalami gejala nyeri, bengkak, rasa panas, kemerahan bahkan persendian sulit digerakkan.


Penyebab asam urat tinggi di usia muda

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah seseorang, di antaranya:

  • Punya keluarga dengan asam urat.
  • Baru-baru ini mengalami cedera atau operasi.
  • Makanan dengan kandungan purin tinggi yang sering dimakan seperti daging merah, kotoran hewan dan beberapa jenis makanan laut (misalnya ikan teri, sarden, tiram atau tuna).
  • Sering konsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Ada kondisi medis tertentu seperti diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi dan obesitas.

Cara mencegah asam urat tinggi di usia muda

Perubahan gaya hidup tertentu diyakini dapat membantu mengurangi risiko asam urat, yaitu:

  • Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.
  • Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat.  Ini karena kelebihan berat badan meningkatkan asam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.
  • Hindari penggunaan obat-obatan tertentu.  Misalnya seperti diuretik atau obat imunosupresif.
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan purin tinggi.  Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, makanan dan minuman tinggi fruktosa.
  • Konsumsilah makanan sehat seperti sayur dan buah yang tinggi antioksidan.


Konsumsilah makanan sehat seperti sayur dan buah yang tinggi antioksidan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama