Batik Tulis Ala Bu Endang

 Batik Tulis Ala Bu Endang




Jemari Endang Tri Utami lincah menari memainkan canting mengikuti pola di atas kain mori di pangkuannya. Sebuah kain batik tulis dengan pola sederhana ala Endang pun jadi. 


Bu Endang Pri, biasa dia dipanggil, istri dari Bapak Pri Wahyudi, warga GKJW Ponorogo ini belajar membatik sejak 2019. Awalnya dia ikut pelatihan membatik yang merupakan kerjasama Kelurahan Banyudono dan Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Jawa Timur. Pelatihan ini dilakukan di kelurahan dengan pelatihnya didatangkan dari BLK. 


Setelah pelatihan selesai,    Bu Endang bersama teman-teman pelatihan bekerjasama dengan Sentra Industri di Tambakbayan untuk mengerjakan proyek-proyek batik tulis. Desain, bahan batik, dan pemasaran disediakan oleh sentra industri. Sementara pengerjaan batik tulis dilakukan oleh para pekerja batik termasuk Bu Endang dan rekan-rekan hasil pelatihan dengan BLK. Di sentra industri ini mereka mengerjakan batik tulis dengan motif reyog, burung merak yang merupakan khas Ponorogo dan desain sesuai pesanan pembeli.


Bu Endang setiap hari kerja datang ke sentra industri untuk mengerjakan proyek batik tulis. Di sela-sela kesibukannya Bu Endang menyediakan waktu bagi orang lain yang ingin belajar membatik tulis dengan pola atau desain sederhana. 


Selain itu Bu Endang juga menerima pesanan batik tulis dengan desain sederhana. Selama ini dia telah menerima pesanan pola seperti Bunga Kawung, atau bunga lainnya. 


"Puji Tuhan, pesanan selalu ada. Proyek dari sentra industri juga selalu habis terjual," ujar Bu Endang senang. 


Anda ingin pesan batik tulis atau ingin belajar membatik bersama Bu Endang? Anda bisa menghubungi WA Bu Endang Pri di 0851-3031-5828

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama